Gunung Bawakaraeng .::THE BIG BEAUTY::.

Posted: September 21, 2008 in Jalan-Jalan
Tags: , , , , , , , , , ,

Baru masuk di manipi saja gunung yang satu ini sudah kelihatan, bahkan puncak tertingginya jelas sekali dengan model sadel kelihatan indah sekali menjulang diantara deretang pegunungan lainnya. Gunung Bawakaraeng merupakan gunung mempunyai nilai sejarah dimana gunung ini dipakai sebagai tempat pertemuan raja-raja dulu untuk menyelesaikan masalah.

Selain enak dilihat, gunung ini merupakan tempat favorit pendaki gunung di sulawesi walau sudah banyak korban tapi tidak menyurutkan minat para pendaki untuk mencapai puncak bawakaraeng yang terkenal mempunyai cuaca yang ekstrim (pada bulan-bulan tertentu).

Tapi sayang gunung ini ternyata dipakai orang untuk menunaikan haji, hal ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai agama (musyrik) sampai-sampai korbanpun biasa berjatuhan. Harusnya hal ini menjadi perhatian pemerintah supaya masyarakat tidak semakin terjerumus kelembah kemusyrikan.

Gunung bawakaraeng merupakan gunung yang eksotis dengan berbagai kelebihan, beberapa keunikannya adalah air terjun, botani dan beberapa jenis hewan yang hidup disana. Menurut para pendaki bahwa di puncak bawakaraeng kita bebas melihat kota makassar yang indah dimalam hari. Selain itu gunung ini termasuk yang dekat dengan laut.

Akhirnya, walau sebenarnya saya mau kesana tapi untuk mendaki perlu stamina yang kuat jadi saya urungkan saja. Mudah-mudahan banyak orang yang medokumentasikan foto-foto disana supaya kita-kita bisa menikmati keindahan puncak bawakaraeng.

Sekilas Gunung BAWAKARAENG (2870 mdpl)

Identitas Gunung

Nama Gunung : BAWAKARAENG (Mulut yang Mulia)
Tinggi : 2871 Mdpl
Type Gunung : Tidak Berapi

Kondisi/ Vegetasi

1000-1500 mdpl : Hutan Pinus, Perkebunan Rakyat
1500-2000
mdpl : Hutan Produksi
2000-2500
mdpl : Hutan Primer
2500-2871
mdpl : Bebatuan

Kondisi Fauna

Sudah amat jarang ditemui kecuali babi hutan dan burung-burung.

Gunung BAWAKARAENG terletak pada koordinat geografis adalah 119°5613 BT- 05°2125 LS, yang berada pada arah selatan dari Makassar. Bawakaraeng berarti ”Mulut Mulia“. Berdiri tegak dengan ketinggian 2.870 mdpl, suhu minimumnya adalah sekitar 15°C dan maksimumnya sekitar 27°C. Luas gunung ini adalah 82.77 km2. Orang yang pertama mendaki gunung ini adalah seorang pendaki berasal dari Inggris bernama James Brooke pada tahun 1840. James Brooke akhirnya menjadi Raja Serawak (Sumber Ekologi Sulawesi). Hutan gunung BAWAKARAENG termasuk dalam vegetasi hutan pegunungan bawah dan hutan pegunungan Atas. Tumbuhan yang banyak ditemui adalah jenis Podocarpos (konifer Asli), Arega sp. Pohon Mapel (Acercaesicum), Rotan, Paku Tiang, Paku Besar, Lantana camara verb, Tahi angin (Usnea/Lumut kerak/Lychenes), Azalea (Rhododendron), Arbei (Morus alba), Gaultheria celebica, Gaultheria viridifloria, Buni (diplycosi / berbau seperti gandapura), Lumut Aerobryum, Edelweis (andaphaus javanicum), dan sebagainya. Sedangkan faunanya adalah Anoa (Bulbalus depressicrnius), babi hutan, babi rusa, burung coklat paruh panjang, elang sulawesi dan semut Crematosaster.

dr. Muh. Iqbal

About these ads
Comments
  1. wira says:

    Memang betul-betul Kekuasaan Allah SWT. Saya sj pernah hanya sampe di pos 5, perasaan sudah takjub banget, apalagi klo sampe puncak. Pantas di namai BAWAKARAENG, sebab diri akan dibawa seakan “Bersujud” dihadapan Tuhan, saking megahnya kekuatan Alam yang terasa berada diatas. Cobain Mas, insyallah bisa kok, mumpung masih di manipiki.

  2. muh iqbal says:

    he..he sudah tua maka kodong bisaja itu???

  3. paddi says:

    Saya pernah sampe ke puncaknya,pemandangan di sana sangat eksotik, apalagi kala terbit fajar dan terbenamnya matahari…mumpung masih di Manipiq alangkah baiknya dicoba-coba mendaki,dalam perjalanan yang penuh kesan rasa lelah tidak akan terasa,di jamin…!!!
    BTw,katanya ada akses internet pake Telkomsel yang lebih murah,sudah mq coba…?

  4. muh iqbal says:

    apa itu ces? saya belum tau itu!
    kalau mendaki nanti ngos ngosankan pasti juga ma wife tidak merestui!

  5. paddi says:

    oh,,,kukira ada soalnya P.Asrul dari sini tadi pagi dan katanya sudah ada lagi tarif yang lebih murah untuk akses internet,mungkin maksudnya P.
    Asrul Flash Unlimited jii…kalo teman-teman di Makassar pake Star One(katanya juga murah) cuma di Manipi belum ada signalnay

  6. muh iqbal says:

    menurut saya flash unlimited yang teeerrrmurah!
    katanya mau bangun bts indosat dekat rumahnya pa asrul!!

  7. paddi says:

    ia,dengar2 bgitu, didekat bengkel las katanya tower yang akan dibangun…
    semalam dapatka email dari Google Adsense, apa betul itu mi sumber pendapatan dari Google…? Ada juga kode HTML di kasi ka,setelah kupasang ternyata Search Engine dari Google, apa perlu dirubah postingan ke Bahasa Inggris agar dikenali Google dalam perhitungan margin yang akan diberikan…?

  8. muh iqbal says:

    rubaki bahasa dasar blog dengan bhs inggeris, itumi sumber uang yang penting ada yang klik itu iklan dapat duit ! tapi harus meningkatkan pengunjung dulu minimal 50-100 perhari, pelajari SEO!

  9. paddi says:

    tapi kok tidak ada iklan yang masuk,cuma search engine yang ada, kalo misalnya saya yang melakukan pencarian di search engine apa ada semacam finalty dari google…?

  10. muh iqbal says:

    coba periksa script html-nya apa yang tertulis?

  11. syamsoe says:

    bisaki juga berbagi kisah di http://www.panyingkul.com daeng dokter.. siapa saja bisa menulis disana. siapa tau ada kisah menarik lainnya lagi dari manipi tercinta.. Wasalam

  12. iccank-arango says:

    kapan2 saya ke bawakaraeng,pengen ke sana tapi tdk da waktu luang maslahya tinggalx di mks. hehe….

  13. dacchy says:

    sungguh menyenangkan pem,andangan di gunung BAwakaraeng.
    220410 saya dan teman2 Cagar memperingati Hari bumi di puncak Bawakaraeng.

  14. satu pesan yang ingin aku sampaikan !
    bila naik gunung sewaktu pulang tak lupa aku membawa sampah.
    salam lestari …

  15. eqhy larozhe says:

    bawakaraeng yg penuh dgn kngan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,termasuk bunga EDELWAYSx,,,,,,,,,,,,,,,

  16. eqhy larozhe says:

    salam rindu,,,,,,n kngen…ntah kpn lagi bisa menikmati suasana dinginx gunung tertinggi ke 2 d sul sel stelah gunung lompo battang,,,,,,,,,,,,,,,,slam dariq eqhy gunung perak,,,,,,,,,,,,,,,

  17. bocah charmitha says:

    di atas tertulis suhu minimumnya adalah sekitar 15°C, sekedar info saya pernah berada disana tepatnya pos 8 bawakaraeng dengan suhu 10°C

  18. bocah charmitha says:

    but, tap smangat, hidup pendaki !!!…….

  19. Rusdin says:

    Bawakareng benar2 indah bget n tdak membosankan.
    Saya sudah mlkukan 5 kali pndakian, bahkan semiggu stelah longsor
    kami nekat mndaki pokokx sippppp bget.

  20. taufikndut says:

    ,,but above all….DON’T TAKE ANYTHING BUT PICTURES,AND DON’T LEAVE ANYTHING BUT TRACS,,,God bless bawakaraeng,,,longlive the mountaineers

  21. hadinata hamdi says:

    klo gak sanggup ke sana mending di ramma aja, di jamin gak kalah keren deh…

  22. […] File Name : Gunung bawakaraeng .::the big beauty::. | catatan harian Source : manipi.wordpress.com Download : Gunung bawakaraeng .::the big beauty::. | catatan harian […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s