Umrah..! .:Perjalanan Ibadah:.

Posted: May 29, 2008 in Jalan-Jalan
Tags: , , , , , , , ,

Pengalaman Umrah bersama keluarga kayaknya susah untuk dilupakan, walau sibuk sesibuk sibuknya dipuskesmas Allah masih memberi kesempatan untuk menikmati kota para nabi Madinah Al-Munawarah dan tentunya juga Makkah Al-Mukarramah. Kami pergi sama mama yang memang berkeinginan untuk kembali melihat kota Makkah dan Madinah setelah perjalanan hajinya tahun 1986 dan keinginan bersama anak cucunya dikabulkan oleh Allah SWT.

Sebenarnya sebelumnya tiada rencana umrah tapi adek kami (Minarni Amin) yang propokatif banget membuat kami tergoda dan bukan cuma saya tapi kakak saya di dinas kesehatan sinjai yang pekerjaan seabrek dengan tender sana sini juga ikut tergoda. Tapi dengan ikutnya mama kami membuat semakin bersemangat untuk melaksanakan umrah.

Maka dimulailah pengurusan berkas-berkas yang diperlukan tak lupa pasport dan pengurusan kartu kuning yang banyak memakan waktu, karena saya bertiga (saya, istri tercinta dan anak bungsu syamil) jadi banyak berkaslah yang diurus. Saya pribadi harus minta izin dulu dengan Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, tapi dia bilang urus cuti aja supaya aman. Anak saya yang duanya saya titip sama kakak di Makassar.

Keberangkatan kami tanggal 11 Mei 2008, jam 08.30 berangkatlah rombongan dengan Lion Air ke jakarta, selanjutnya jam 16.30 dengan Saudi Airlines langsung menuju kota Damman. Kira-kira jam 00.30 baru tiba di madinah, kesan pertama begitu indah selanjutnya terserah..!

Setelah cek in dihotel jam sudah menunjukkan jam 02.30, jadi hampir waktu shubuh, setelah mandi dan melepas penat akhirnya siap-siap sholat perdana di Masjid Nabawi. Masjid yang biasanya dilihat di poster kini didepan mata…jauh lebih indah dan bangunan yang benar-benar megaproyek.

Pagi-pagi udah disibukkan cari Money Changer kalau disana namanya Sarraf. Setelah itu menikmati makanan khas disana roti kebab dan lain-lain dimana tokonya pas dibawah hotel kami.

Dimadinah kami tinggal 3 hari, selama itu kami mengunjungi Masjid Kuba, Kebon Korma, Bukit Uhud, Masjid Kiblatain, beberapa restoran dan mal, tidak lupa mengekplorasi Masjid Nabawi dan Raodah Garden beserta tempat peristirahatan Rasulullah SAW. Kesimpulannya madinah merupakan kota dengan konsep pembangunan yang bagus dimana semua tertata dengan baik dan bersih.

Tibalah saatnya umrah ke Makkah, kira-kira jam 16.00 berangkatlah kami meninggalkan kota madinah kota para nabi dengan Miqat di Biir Ali lanjut ke Makkah. Jam 00.30 sampailah di hotel kami dan cek in dapat lantai 9 (ngeri juga)!. Setelah semua barang beres langsung menuju Masjid Makkah Al-Mukarramah untuk melakukan umrah. Kabbah…perasaan bercampur aduk menjadi satu ketika melihan bangunan bersejarah ini, tidak bisa dibayankan bagaimana perasaan di waktu itu, pokoknya rasakan sendiri.

Setelah Umrah dan shalat Shubuh kembali kehotel untuk sedikit istirahat dan lapaaaar…!. Kami tinggal di Makkah sekitar 7 hari tak lupa jalan-jalan ke Goa Tsur, Arafah dengan ontanya, Mina, Musdalifah, pabrik pembuatan kiswah (jubah kabbah) dan beberapa toko emas dan kios makanan dan es cream (ini bagiannya fifa kemanakan kami yang doyan makan es cream). Tidak lupa oleh-oleh untuk teman-teman di indonesia.

Akhirnya kami meninggalkan kota Makkah dengan seribu harapan, moga-moga kami dapat datang dan melihat kembali kota tua yang bersejarah ini dengan Kabbanya yang merupakan daya tarik luar biasa bagi ummat islam didunia.

Jam 16.00 kami ke Jeddah dan satu kata luar biasa, kota perdagangan satu kota toko semua dan tidak ada yang sepi. Setelah keliling cari hotel akhirnya ketemu juga, cek in dan istirahat, wah internetnya gratis langsung saya ambil laptop dan berinternet ria dengan Bandwith Killer (Download sampai 100 kb/sec).

Dijeddah kami jalan-jalan ke mal, dan beberapa tempat lainnya seperti Masjid terapung dan tidak lupa melihat sepedanya Nabi Adam (istilah ji sakin besarnya). Jam 23.00 kami tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah untuk kembali ke tanah air Indonesia.

Kami tiba jam 13.30 hari jumat waktu jakarta dan jam 19.30 kami berangkat ke Makassar dengan Lion Air. Akhirnya tibalah kami di makassar dengan perasaan suka cita dan rindu pada anak-anak di makassar. Mudah-mudahan amal ibadah kami diterima disisi Allah SWT. Saya mengucapkan semoga kebersamaan ini senangtiasa menjadi bunga didalam kehidupan kami bukan perselisihan tapi kebersamaan selalu hingga akhir.

dr. Muh Iqbal ,Sukmawati Abdullah dan Ahmad Syamil
Rombongan ( Hj. Ramlah, Drs. Muh. Ishak, Munawar Abd. Djabbar, Minarni Amin, Khansa Afifah)
Comments
  1. myrazano says:

    selamat hari lebaran. minal aizin wal faizin maaf lahir dan batin

  2. muh iqbal says:

    selamat lebaran juga teman!!!
    mudah-mudahan sering mampir disini

  3. etni binti amin says:

    Hihi,,,baru kuliat ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s