Asfiksia Neonatorum .:PONED CASES:.

Posted: August 28, 2008 in Kasus Penyakit
Tags: ,

Tadi malam kira-kira jam 21.00, datang ibu hamil dari desa Botolempangan dengan diagnosis G4P3A0, nama C****, umur ibu 41 tahun, impartu kala I pembukaan kira-kira 8-9 cm, saya hanya berpikir ibu resti lagi!. Bidan udah standby kalau ada apa-apa langsung panggil saja, soalnya saya tinggal di kompleks puskesmas manipi yang notabene merupakan Puskesmas PONED katanya karena sudah dilatih.

Kira-kira satu jam kemudian bayi lahir dengan asfiksia dan ketuban bercampur mekonium….wah gawat, saya langsung ke ruang KIA. Dan benar aja bayi udah megap-megap karena kebanyakan lendir di mulut, hidung dan tenggorokan dengan meconium diwajah dan dibadan (kayaknya nelan lendir dan meconium nih). Dengan menilai sekilas APGAR Scorenya kira-kira 4-5 (Asfiksia Sedang). Dengan Prosedur Standard membersihkan jalan napas dengan suction dan merangsang pernapasan dengan memijat halus dada dan anggota gerak bayi dan sekaligus menghangatkannya dan Alhamdulilah bayi mulai memerah dan menangis.

Kasus-kasus kebidanan seperti ini menjadi hal biasa ditempat kami karena jauhnya rumah sakit dan cuma puskesmas satu-satunya yang bisa diharapkan untuk memberikan pelayanan lebih dari sekedar puskesmas perawatan

Sekilas tentang Asfiksia

Asfiksia Neonatorum adalah suatu keadaan bayi baru lahir yang gagal bernafas secara spontan dan teratur segera setelah lahir, sehingga dapat menurunkan O2 dan mungkin meningkatkan C02 yang menimbulkan akibat buruk dalam kehidupan lebih lanjut. Asfiksia janin atau neonatus akan terjadi jika terdapat gangguan perlukaran gas atau pengangkutan O2 dari ibu ke janin. Gangguan ini dapat timbul pada masa kehamilan, persalinan atau segera setelah lahir. Hampir sebagian besar asfiksia bayi baru lahir merupakan kelanjutan asfiksia janin, karena itu penilaian janin selama kehamilan dan persalinan memegang peran penting untuk keselamatan bayi atau kelangsungan hidup yang sempurna tanpa gejala sisa.


Comments
  1. Ado says:

    Anak sy lahir secara normal tgl 2 april 2009 dgn berat 3,3 kg pjg 51cm,mengalami asfiksia menurut dokter di RSB Pertiwi mks. Menurut dokter usia kandungan telah lewat bulan krn ketubanx berwarna kuning. Sampai hr ini msh drawat di RSB.
    Minta tolong kl bs di berikan contoh kasus yg sama dgn anak sy

  2. muh iqbal says:

    Kalau asfiksia biasanya tidak berdiri sendiri tapi berasal dari faktor bayi dan ibu
    Kehamilan lewat bulan bisa dibaca ditautan ini
    http://diyoyen.blog.friendster.com/2008/11/kehamilan-lewat-bulan-serotinus/
    Mungkin anak bapak mengalami masalah yang lain karena untuk serotinus 42-44 minggu, biasanya bisa dilahirkan dengan normal sesuai pengalaman sy di pkm, maklum daerah saya terpencil jadi kerumah sakit orang masih mikir 2 kali!

    saya tunggu kabarnya pak!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s