Puskesmas Manipi UNDER CONSTRUCTION Part One

Posted: September 4, 2008 in Puskesmas Manipi
Tags: , , , , ,

Puskesmas Manipi termasuk puskesmas tertua setelah Puskesmas Balangnipa kec. Sinjai Utara dan Puskesmas Samaenre kec. Sinjai Selatan. Dibangun pada tahun 1975 merupakan pusat kegiatan kesehatan yang telah memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan membantu pemerintah kab sinjai dalam program pelayanan kesehatan baik yang bersifat preventif/promotif maupun kuratif/rehabilitatif.

Puskesmas Manipi yang jauh dan medan susah untuk akses ke kota sinjai, walau jarak cuma 53 km tapi waktu tempuh kira-kira 2 jam lebih dengan jurang dimana-mana yang menganga yang membuat masyarakat dimanipi susah untuk di rujuk dan merasa dipuskesmas manipilah mereka akan mendapat pelayanan yang mereka inginkan.

Sebelum tahun 2006 Puskesmas Manipi membawahi 9 desa tetapi setelah keluar SK Bupati Sinjai Bulan Maret 2006 yang menjadikan Pustu Tenggalembang menjadi Puskesmas Tenggalembang, kini Puskesmas Manipi membawahi 6 desa yaitu kel tassililu, kel balakia, desa arabika, desa barania, desa gunung perak dan desa botolempangan.

Puskesmas Manipi berdekatan langsung dengan border kab Gowa kira-kira 2 km sehingga warga Gowapun lebih suka ke puskesmas Manipi dari pada jauh-jauh ke puskesmas Tombolo yang jauhnya kira-kira 16 km dan mereka senang dengan pelayanan di Puskesmas Manipi.

Walau termasuk puskesmas tua tapi baru tahun 2008 mendapat REHAB, sehingga gedung pelayanan yang dipakai selama ini tidak layak atau banyaklah kerusakan sana sini, tapi hal seperti itu tidak membuat pelayanan menjadi terhambat.

Akhirnya mudah-mudahan bangunan baru membawa suasana dan semangat baru dalam meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat manipi khususnya.

dr. Muh. Iqbal

Comments
  1. dr nova says:

    Salut utk anda dr. Iqbal, dan salam kenal. Sy pernah tugas jg disana. Seru dan penuh kenangan. Kl ada foto2 pkm manipi yg baru, utk mengobati rasa kangen sy di jkt.

  2. muh iqbal says:

    suprise banget ketemu bekas dokternya puskesmas Manipi disini. Saya kenal dokter walau dari cerita teman2 dan praktis sy yang mengganti dokter setelah memutuskan tinggalkan sinjai pada tahun 2004 kalau tidak salah. saya sudah lima tahun disini dan insya Allah akan melanjutkan studi pertengahan tahun ini. Dok kegiatan apa sekarang?

    Saya berencana buat posting Puskesmas Manipi dalam Foto sekaligus mengobati rasa rindu dokter di manipi

    Salam hangat dari MANIPI!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s