Manipi dan Udara Dingin Pencetus Rhinitis Alergi

Posted: September 5, 2008 in Info, Kasus Penyakit, Manipi
Tags: , , , , , , , ,
rhinitis alergi

rhinitis alergi

Setiap bulannya ada beberapa orang yang datang dengan kasus-kasus dengan alergi udara dingin ini dengan gejala khas yaitu bersin yang berulang-ulang, perasaan gatal tenggorokan dan batuk dan tidak mengalami demam dan biasanya menyerang pada pagi hari. Walaupun penyebab Rhinitis Alergi banyak tapi udara dingin paling banyak kasusnya terutama di daerah manipi ini.

Alergi udara dingin sebenarnya adalah peradangan yang timbul pada saluran hidung(mukosa) yang disebabkan oleh adanya bahan2 yang mengakibatkan alergi (alergen) dalam hal ini alergennya adalah udara dingin. Dalam translasinya ke bahasa Indonesia saya menggunakan istilah Alergi UDARA dingin supaya tidak terjadi kerancuan dengan alergi dingin yang mengakibatkan gatal-gatal pada kulit ( Cold Urticaria).

Alergi Udara Dingin sering kali “dituduh” sebagai flu/influenza. “Penuduhan” yang salah ini dapat mengakibatkan kita meminum obat yang tidak tepat. Walaupun bahaya yang ditimbulkan oleh kekeliruan minum obat ini bisa dibilang cukup kecil, akan tetapi jika ini berulang terus menerus tentu akan dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi tubuh juga, dalam hal ini terutama memperberat kerja hepar (hati).

Kesimpulan :Bagi anda yang menderita alergi dingin, langkah terbaik dan mudah adalah menjauhkan diri dari alergen. Jika udara menjadi dingin, usahakan menggunakan pakaian tebal dan berkumur-kumur menggunakan air hangat. Jika reaksi alergi menjadi sangat berlebihan dan sangat menganggu, segeralah konsultasikan ke dokter.

Comments
  1. paddi says:

    Thanks info kesehatannya, mau tanya nih,Telkomsel Flash Unlimited-nya masih berfungsi normal(kecepatan akses internet masih sama seperti pertama menggunakan),soalnya paketku agak melambat,tidak seperti bulan lalu…

  2. muh iqbal says:

    kalau capai kuota 500 mb kayaknya lambatki juga!! pas paket baru bulan berikutnya baru cepat, tapi kurasa telkomsel melambat 2 hari ini! nadeteksiji edge dimodemta???

  3. paddi says:

    ia nadeteksi ji,katanya baru seminggu dipasang perangkatnya di tower. Tidak muncul chat box ta’ di monitorku…oh ia mau tanya juga cara pasang chatbox gimana..?

  4. muh iqbal says:

    kalau blogspot enak cukup daptar di shoutmix.com! lumayan EDGE itu 2,75 G ces!

  5. paddi says:

    sudah kudaftar tapi tidak bisa masuk,cuma sampe di tahapan pertama,passwordku tidak mau dideteksi

  6. muh iqbal says:

    coba terus pasti ada yang keliru coba cek di email juga

  7. paddi says:

    berhasil mi Chat Box-ku,…

  8. kojek says:

    iya nih, aku juga rentan sekali dengan udara dingi. Kalo udah bersin, huuuu jangan tanya …. 10 x belum puas …., thank’s infonya boss

  9. limpo50 says:

    ganti dong pak Gambar Blog ini dengan pemandangan MANIPI..biar nampak indahnya Manipiku.
    Salam

  10. muh iqbal says:

    Saya lagi rencana berkunjung ke tempat eksotis di manipi kalau liburan nanti pak…! Nanti diposting gambarnya…he..he!, gambar headerx blog ini ad gng bawakaraeng terlihat dari desa arabika kec. sinjai barat, manipi juga!!!

  11. zulhaidar says:

    pa’ gabung to’onga kodong ri websitena to manipiki,,,,

  12. muh iqbal says:

    boleh sekali ces sekalian gabung juga di Facebook ok!!

  13. fitri says:

    thanks info nya… kebetulan saya menderita alergi udara dingin…paling susah klo pagi n mlm hari sbb hidung suka mampet n kadang keluar cairan bening dari hidung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s