Electricity Death, Sudden Death Disore Hari

Posted: September 8, 2008 in Manipi
Tags: , , , , ,

Kira-kira jam 15.30 sore hari dimanipi tiba-tiba listrik padam, mulanya sih tidak curiga apa-apa soalnya dimanipi memang langganan listrik padam. Tapi 30 menit kemudian saya dipanggil pihak Kepolisian Sektor Sinjai Barat untuk memeriksa dan melakukan visum untuk korban yang meninggal akibat sengatan listrik. Langsung saja saya berangkat kebetulan di rumahnya mantan camat H. Halfin yang tidak terlalu jauh dari puskesmas.

Dirumah duka begitu ramai dan bapak yang malang itu disimpan di ruang tamu jadi memudahkan pemeriksaan singkatnya luka bakar derajat tiga di kaki kanan dan tangan kiri!!!. Menrut saksi korban lagi membersihkan dan memakai bambu basah ang kesangkut pada kabal listrik telanjang milik PLN, tak ayal lagi korban tersengat dan cuman hitungan menit sudah meninggal tanpa pertolongan yang berarti.

Mati karena listrik kebanyakan karena aritmia jantung, biasanya fibrilasi ventrikel yang berakhir dengan henti jantung. Ini disebabkan bagian dari arus melewati otot jantung, terutama pada lapisan epikardial superfisial dan mungkin menyeberang endokardium. Arus mempunyai efek langsung yang besar pada miokardial syncytium, kemungkinan terlepas dari nodus pacemaker dan system konduksi menjadikan sakit diketahui. Bila kematian terjadi karena henti jantung, mayat tampak pucat atau hanya sedikit padat, autopsi tampak tidak bermanfaat selain dari adanya beberapa tanda-tanda listrik di luar.

Cara kematian kedua (dan jauh kurang umum) adalah henti napas, dimana arus listrik melalui thoraks yang menyebabkan spasme muskulus interkostal dan diafragma, atau menjadi paralysis. Pada salah satu kasus, gerak pernapasan dihambat dan terjadi kematian akibat hipoksia kongestif. Batang otak jarang sekali terpengaruh, bila arus listrik masuk melalui kepala. Salah satu henti jantung atau paralisis pernapasan dapat kemudian supervene.

Beberapa kematian akibat listrik tidak diobservasi, orang yang ditemukan sudah meninggal, sehingga cara kematian tidak diketahui. Kadang-kadang saksi tentang cara kematian sulit untuk menjelaskan fisiologi dasar, itu menunjukkan suatu keterlambatan (seringnya berlangsung beberapa menit kemudian) antara shock dan kematian. Pada interval, korban mungkin sadara dan bahkan tetap dalam pemulihan kesadaran. Ini sulit untuk diketahui mengapa henti jantung mendadak tetap ada meski arus listrik dimatikan, tetapi mungkin pada tingkat intraseluler dari jantung atau jaringan saraf telah mengalami kerusakan dasar.

dr. Muh. Iqbal

Comments
  1. paddi says:

    Kasihan korbannya,info ada yang tersengat listrik saya dapatkan juga jam 15.30 saat di hubungi seseorang yang minta bantuan agar listrik segera di padamkan,mendadak berhenti jantung walaupun listrik sudah padam, menurut referensi yang saya baca di karenakan ritme listrik dinamis yang kita miliki sudah dikacaukan oleh sumber listrik asing yang lebih kuat dari luar tubuh sehingga kode-kode kelistrikan yang mengalir ke otak kacau balau…

  2. muh iqbal says:

    betul mas, akibatnya jantung berhenti berdenyut dan kemungkinan terjadi robekan akhirnya kematian tidak bisa dihindari!!!

  3. paddi says:

    gimana kondisi korbannya,karena saat kejadian sampai sekarang saya masih di Makassar…?

  4. muh iqbal says:

    meniggal dunia dengan luka bakar serius di kaki dan tangan!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s