GEDURNAS TB Paru dan Kusta

Posted: October 22, 2008 in Puskesmas Manipi
Tags: , , , , , , , ,

Gerakan Nasional Terpadu (GEDURNAS) TB paru dan Kusta yang diadakan di RM Nikmat Kabupaten Sinjai dibawakan langsung oleh Penaggungjawab TB Paru dan Kusta Provinsi Sul-Sel, dr. Dede (adek kandung dari A. Rudianto Asapa-Bupati Sinjai) yang menghadirkan seluruh Puskesmas kembali membuat komitmen untuk berbuat lebih baik lagi untuk menanggulangi bersama TB Paru dan Kusta ini dengan meningkatkan kerja sama lintas sektor dan komitmen pemerintah daerah dalam Co-Sharing pendanaan program yang selama ini di biayai oleh Global Fund terutama pengadaan obat dengan strategi DOTS.

Karena program ini dinamakan Gerakan maka mau tidak mau semua orang harus terlibat bukan saja petugas kesehatan seperti Gerakan Keluarga Berencana sehingga hasil maksimal dapat tercapai. Dengan bekerja bersama kendala yang selama ini petugas kesehatan dapatkan akan terminimalisasi.

Selama saya di puskesmas program ini termasuk program yang diperhatikan namun hasilnya jauh dari harapan (CDR rendah), mungkin kami terkendala oleh petugas yang sering berpindah dan letak geografis yang susah serta sosialisasi kemasyarakat kurang walaupun promosi untuk TB Paru dan Kusta ini selalu dilakukan di Sekolah dan tempat lainnya

Saya juga berharap komitmen pemerintah yang lebih untuk program ini mengingat resiko petugas bisa saja ketularan, sehingga beban resiko ini diimbangi dengan insentif yang memadai dan dapat memacu petugas untuk berkarya lebih baik lagi.

dr. Muh. Iqbal

Comments
  1. wira says:

    Untk di sinjai barat, penderita TB Paru dan Kusta sejauh mana perubahan jumlah pengidapnya? Apa dalam tahun ketahun bertambah atau berkurang.

  2. muh iqbal says:

    yang jelas yang diperiksa lebih 30 orang yang positif belum ada kalau kusta ada 2 orang!

  3. jojok says:

    beberapa waktu yang lalu saya sempat membuat prototipe software Simpus modul TB di Timika utk Freeport. kira-kira ada kesamaan format ndak ya dengan daerah lain ? sayang saya belum sempat ke timika lagi untuk menyelasaikan software itu..gimana di Manipi untuk sistem pendataannya ? sudah terkomputerisasi kah ?

  4. muh iqbal says:

    belum mas!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s