Pasar Tobenteng

Posted: February 6, 2009 in Jalan-Jalan
Tags: , , , , ,

pasar-tobenteng-1Pasar Tobenteng terletak di desa Lili Riattang Kec. Amali Kab. Bone yang merupakan pasar tertua dan telah ada sejak jaman Belanda dulu. Pasar ini cukup ramai didatangi orang dan menyediakan hampir seluruh kebutuhan masyarakat Tobenteng dan sekitarnya. Apalagi jalanan semakin mulus setelah mendapat perbaikan butas sehingga memuluskan semua orang untuk mendatangi pasar satu ini yang letaknya cukup strategis.

Kemaren pulang ke kampung menyempatkan diri  ke pasar dan membeli kebutuhan yang tidak ada di daerah manapun yaitu loppa rakko, bale cambang rakko, utti cere, bennoo, dan kepiting besar untuk di masak kelapa. Hari ini begitu ramai dan becek sehingga membuat suasana semakin seru.

pasar-tobenteng-2Pasar ini selalu mengingatkan saya diwaktu kecil bila membantu mama belanja di pasar. Sering orang ganggu kalo saya belanja dikira istri lagi melahirkan (he..he). Tapi hal itu tidak membuat saya malu bahkan sampai sekarang masih sering belanja kebutuhan sehari-hari dipasar terutama ditempat kerja manipi.

Kami  bersaudara sepakat pulang kampung untuk melamarkan Adek terakhir kami pujaaan hatinya yang tidak lain adalah sepupunya sendiri. Saya sendiri, Minarni, Kak Ayub, Kak Samad, Kak Ishak dan Kak Saparullah bersama-sama dalam menunaikan tugas suci ini, mudah mudahan lancar dan mendapat ridho-Nya. Acaranya insya Allah tanggal 8-9 Maret 2009 mohon doa restu.

pasar-tobenteng-3 Satu hal yang menjadi tujuan kami melakukan semua ini, karena orang tua kami. Kami ingin melihat mereka bahagia dengan pernikahan anak terakhir mereka dan itu betul terjadi setelah acara pelamaran ini mama saya langsung sehat dan semangat kembali bekerja apa saja karena bagaimana pun juga anak terakhir merupakan anak tersayang yang harus disayang juga sama kakak-kakaknya..he..he (sindrome anak bungsu).

Pulang ke Manipi dengan kondisi cuaca yang sangat tidak bersahabat. Angin kencang dan badai tak lupa mati lampu semakin menjadikan suasana semakin asyik dan mendebarkan, mudah-mudahan tidak ada lagi longsor kodong.

Selamat Berjuang

dr. Muh. Iqbal

Comments
  1. limpo50 says:

    saya ingat dulu ngantar pembantu RT ke arah sinjai dari malino.
    saya start dari malino jam 12 malam…tak satu kendaraan menemani dari depan dan belakang… kabut tebal membuat saya tak melihat jalan, kecuali seperti garis antara tepi jalan dan rumput…itupun pada jarak 4 meter saja. Karena kelam sang PRT juga tak tahu kapan berhentinya… saya sabar saja dan tiba akhirnya jam 03.30 pagi buta. yah…memang begitu lah hidup.

  2. muh iqbal says:

    he..he..pasti menyenangkan pak kalo dicoba lewat situ lagi!!!

  3. alris says:

    Assalamualaikum ww,
    Salam kenal, dok. Saya senang baca-baca tulisannya.
    Seumur-umur saya baru dua kali ke Makassar. Perjalanan paling jauh di Makassar baru sampai Bili-bili. Salam

  4. muh iqbal says:

    salam kenal mas alris, mudah mudahan disempatkan lagi lewat bili-bili – malino – sinjai barat

  5. Anhar says:

    assalamu alaikum…
    Saya ketawa sendiri melihat poto aktifitas di Pasar Tobenteng,
    aku juga orang Tobenteng, aku jg ingat pernah main karate bersama beliau di MI NO. 26 TOBENTENG. saat itu gurunya Ruhsan (Ruhe’ anak dari Ustad Tahir Chalid)….
    Saya juga satu angkatan dengan adik beliau yang paling bungsu, Asyraf namanya.
    saya lagi sedang kuliah di UNHAS Pak Ikke,,,,

  6. Anhar says:

    ow… iya, Saudara beliau Pak Ayyub jg mengajar saya,
    mata kuliah Dasar-dasar Filsafat. thank you Pak Ikke….

  7. Ancu says:

    Rasanya aku pengen pulan kanpun rindu suasana pasar

  8. Ancu says:

    Rasanya aq rindu sma suasana pasar

Leave a Reply

