Pengalaman mengikuti Tes TOEFL

Posted: April 8, 2010 in Info, Saya
Tags: , , , , , , ,

Sebagai kelengkapan berkas untuk mendaftar PPDS DEPKES di Universitas Hasanuddin Makassar, diperlukan nilai TOEFL yang terbaru. Maka pada tanggal 15 Maret – 5 April saya mengikuti kursus di Lembaga Pusat Bahasa-nya UNHAS yang memang ditunjuk dan dipercaya untuk melakukan jenis tes seperti itu. Dimulai dengan Pre Test yang tidak lain adalah tes toefl asli untuk mengetauhi kemampuan kita sebelum mengikuti kursus tersebut, kalau ndak salah ada sekitar seratusan orang yang ikut juga dan sebagian diantaranya juga dokter yang ingin mengambil PPDS. Akhirnya pada tanggal 5 mei merupakan final tes dan Alhamdulillah dapat nilai yang bagus.

Umumnya, orang menganggap ujian Test of English as a Foreign Language atau TOEFL sukar. Selain banyak soal yang mengecoh, mengerjakannya pun harus cepat sebab waktunya memang sangat pendek. Konsentrasi juga harus diarahkan dengan sempurna karena seorang peserta ujian bakal menghadapi perputaran soal percakapan yang sangat cepat. Selain sering kali tidak terdengar jelas, percakapan-percakapan itu pun hanya diputar satu kali. Cepat sekali, bak hendak menangkap angin saja.

Bagaimana Test TOEFL itu?

Tes TOEFL terdiri dari empat bagian, yakni listening (mendengarkan), structure and written expression (tata bahasa), reading (memahami bacaan). Untuk sesi mendengarkan, peserta akan mendapatkan 50 soal dengan lama waktu sekitar 35 menit. Sementara itu, grammar atau tata bahasa terdiri dari 40 soal. Soal-soal tersebut harus dijawab dalam waktu 25 menit. Adapun untuk mengerjakan 50 soal bacaan, waktu yang disediakan hanya 55 menit.

Tips-tips mudah-mudahan berguna :

Pahami perintah soal dengan baik!

Perintah dalam soal-soal TOEFL selalu sama dari tahun ke tahun sehingga semuanya bisa Anda pelajari sebelum menghadapinya. Praktis, dengan melatih kebiasaan memahami perintah soal, Anda tidak akan membuang banyak waktu hanya untuk membaca kalimat perintah soal-soal tersebut.

Percakapan hanya sekali, sesudah itu pergi!

Karena hanya sekali diputar, Anda harus berkonsentrasi penuh mendengarkan percakapan. Ingat, konsentrasilah pada soal yang mengalir lewat telinga Anda. Sedikit saja perhatian ke tempat lain, niscaya buyar konsentrasi Anda.

Pilihlah yang mudah

Tingkat kesulitan soal-soal TOEFL biasanya dibuat bertingkat, dari yang termudah hingga paling sulit. Untuk itu, jangan buang waktu untuk soal-soal yang sulit. Mengerjakan lebih dulu soal yang mudah akan lebih efektif dan efisien karena dengan begitulah Anda bisa mengatur ritme konsentrasi dalam menggarap soal dan menghemat waktu Anda.

Duduk dan dengarkan!

Salah satu kiat khusus ini berguna untuk mengerjakan soal listening dan grammar. Langkahnya, jangan duduk di dekat radio, tetapi ambillah posisi di dekat pengeras suara. Namun, usahakan tidak duduk tepat di depannya langsung sebab crowd yang keluar dari pengeras suara bisa membuat tidak jelas percakapan.

Fokus

Jangan terlena aliran dengan percakapan. Langsung saja. Begitu mendengar percakapan, fokuskan konsentrasi pendengaran pada pembicara kedua. Biasanya, jawaban ada pada subyek/pembicara kedua. Perhatikan pula struktur kalimat dan ekspresi dari si pembicara, baik itu ekspresi setuju, terkejut, tidak pasti, memberi saran, dan lainnya. Itu juga bisa membantu Anda menentukan jawaban.

Pahami situasi percakapan

Pada bagian percakapan kerap, fokus pendengaran anda sebaiknya pada orang kedua. Di situlah ide dari percakapan tersebut kerap muncul. Dari situ, Anda harus membuat satu kesimpulan tentang situasi dan kondisi ihwal terjadinya percakapan tersebut, baik itu kapan, di mana, maupun siapa yang bercakap-cakap.

Jangan SKS

Ujian TOEFL tak bisa dilakukan hanya dengan belajar satu malam atau sistem SKS (sistem kebut semalam). Mutlak, persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari. Beberapa buku panduan yang cukup populer dipakai untuk belajar menyiapkan diri menghadapi ujian TOEFL antara lain adalah Barron: How to Prepare for TOEFL atau Cliffs: TOEFL Preparation Guide. Selebihnya, masih banyak buku panduan lain yang mungkin lebih cocok untuk Anda manfaatkan dalam menaklukkan ujian TOEFL yang akan Anda hadapi.

dr. Muh. Iqbal

Comments
  1. Monalisa says:

    makasih infox🙂

  2. Akbar nurdin says:

    Assalamualaikum. Tulisannya sangat menarik. Oh iya, sya mau tanya, kursus toefl di PB unhas apakah kita diberi tips dan trik dlm menjawab soal” toefl tsb? Trims seblmnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s