Posyandu PABBATTU dalam Foto ..antara Ego, Tanggungjawab dan Keikhlasan..!

Posted: May 13, 2010 in Jalan-Jalan, Manipi, Puskesmas Manipi
Tags: , , , , , , , , , ,
Menyusuri jalanan berbatu menuju posyandu Pabbattu

Menyusuri jalanan berbatu menuju posyandu Pabbattu

Akhirnya kesampaian juga jalan ke Posyandu Pabbattu bersama teman-teman puskesmas dan posyandu botolempangan dengan menyusuri jalanan berbatu dan berlumpur namun tidak menyurutkan niat dan tekad untuk memberikan/mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Mungkin buat saya merupakan perjalanan wisata karena baru kali ini menyempatkan untuk mengunjungi posyandu ini dan kebetulan merupakan posyandu baru dibentuk untuk lebih meningkatkan pencapaian program-program kesehatan masyarakan yang selama ini kami besama-sama bina.

Pemandangan selama dalam perjalanan ke posyandu

Pemandangan alam selama dalam perjalanan ke posyandu

Tapi buat teman saya yang tiap bulan berkunjung ketempat ini dengan rajin pasti suatu waktu akan mengalami rasa jenuh dan capek. Jadi butuh suatu keikhlasan dan tanggungjawab diatas ego untuk melawan rasa itu dan terus terang kalau cuma gaji yang minim tak akan mampu menjalankan orang melewati bebatuan terjal, lumpur dan jurang. Satu kata untuk mereka petugas didesa salut atas keikhlasan mereka melayani masarakat pedalaman.

Pemandangan alamnya tidak kalah dengan tempat yang lain

Salut juga buat kader posyandu, dengan rajin memanggil balita untuk keposyandu tanpa pamrih (walau ada insentif tapi biasaya tidak jelas). Menyambut dengan senyuman manis dan sangat bersahabat semakin membuat kita semangat untuk melayanai masyarakat dengan sepenuh hati

Akhirnya sudah sampai..ibu-ibu sudah menunggu !

Akhirnya sudah sampai setelah jalan 2 jam..ibu-ibu sudah menunggu !

Oh yah ibu-ibu juga mantap deh walau hujan mengguyur tapi tidak melunturkan semangat mereka keposyandu untuk memeriksakan bayi/balita mereka. Walau ada satu balita yang saya perhatikan dengan kelainan Down Sindrome (sorry for that thing) dengan ilmu yang ada mencoba menjelaskan kelainan apa itu!

Imunisasi oleh pak Saharuddin..pelan-pelan pak !

Pabbattu ini merupakan dusun dari desa botolempangan yang keadaanya masih memprihatinkan dengan jalan desa yang masih sangat minim sehingga membuat jalur trasportasi tersendat bahkan motor pun kesusahan untuk melewati jalan darat ini sampai nenek-nenek jatuh membawa bawaanya dari pasar. Thanks untuk pak Asrul pertolongannya terhadap sang nenek..i love that behavior.

Posyandu PNPM Mandiri anggaran 2008

Posyandu PNPM Mandiri anggaran 2008

Oh yang posyandu ini dibut oleh PNPM Mandiri atau Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan – Rural PNPM. PNPM Mandiri merupakan program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan mempercepat penanggulangan kemiskinan dan pengangguran di wilayah perdesaan di tanah air. PNPM Mandiri merupakan payung program-program pemberdayaan masyarakat di Indonesia, yang dikoordinir oleh Kantor Menteri Kesejahteraan Rakyat/ Kesra. Tapi terus terang ini adalah bantuan luar negeri yang berarti utang.

Foto bersama bersama ibu-ibu dan petugas...!

Foto bersama bersama ibu-ibu dan petugas...!

Kayaknya yang paling menyenangkan adalah foto bersama ibu-ibu dan kader, walau malu-malu tapi mau mereka mau dipandu untuk mengambil foto ankatan hehehehe. say cheese !!…eh ada ada jamuan makan siang dari ibu kader..thank ya bu kader jadi ndak kelaparan nih sampe dirumah nanti (ndak ada yang masakkan kodong).

One More Shoot...say Cheese !!

One More Shoot...say Cheese !!

Demikianlah secuil perjalanan kami ke posyandu Pabbattu dan tiba-tiba SMS bermunculan pas jalan pulang, ternyata ada sinyal dari celah gunung..ada pasien di puskesmas, maka saya dan teman-teman bergegas pulang kembali ke habitat yaitu Puskesmas Manipi yangTercinta.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk :
Saharuddin, S.Kep.
Rosmaniar, SKM
Asrul, SKM
Bidan Irna Hamid, Amd. Keb.
Bidan Fitri, Amd. Keb.
Dewi Sartika, AMK.
Ibu Kader Posyandu Pabbattu
Ibu-ibu dan bayi/balita wilayah Dusun Pabbattu.

Salam

dr. Muh. Iqbal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s