Buku Tamu

Kepada Teman-teman yang ingin berkomentar langsung atau mengeritik, pesan dan kesan (berhubung susah pasang Shoutmix di WordPress) jadi saya buat BUKU TAMU ini semoga bermanfaat

Advertisements

136 thoughts on “Buku Tamu

  1. Kunjungan balik dari Kandangan-Kalimantan.
    Apa kabar ni Pak Dokter dari Manipi..sungguh mulia pengabdian anda sebagai dokter muda didaerah pegunungan Sinjai Sulawesi.

    Saya sangat senang atas perkenalan ini walaupun hanya lewat dunia Maya. Semoga suatu saat nanti saya mampir ke SInjai atau Pak Dokter berkunjung ke Kalimantan silakan kontak saya. Biar diajak jalan-jalan keliling obyek wisata Kalimantan di Loksado dan menikmati kuliner khas yakni “Ketupat Kandangan”.

    Ok, salam sukses selalu nanti kapan-kapan mampir lagi.
    Wassalam,

    Syamsuddin Ideris
    Kandangan-HSS-Kalsel

  2. salam kenal untuk pkm Manipi sulsel… Sinjai jauh gak ya dari makasar hehe. maklum se umur-umur belum pernah ke Sinjai … πŸ™‚ mudah2an bisa mampir kesana kalau jalan-jalan.

    Sukses untuk pak dokter..

  3. Salut bwt dr.Iqbal yg udah rela ciptain blog pribadi yg isix crita dari kampung kcl,hijau,sejuk & damai… M…A…N…I…P…I
    Sbenarnya bukan ja’ org sinjai asli dokter tp pernahka’ sekolah di SMKN 1 sinjai utara,tinggalx jg dsana 3 thn ji.tp ada kk iparku org sinjai barat (kulupai nm desax klo ndak slh ka Arabika nmx)jd sdh tomma’ dibawa jalan2 ke manipi.
    Huuhhh…dinginx ma mo itu udarax di sinbar dokter di’??
    Tp itu trakhir kurasakan waktu liburanka skeluarga bln mei kmaren…skrg adama’ lg dikampugx org kodong merantau demi masa depan!!!!!!!!!!
    Insya ALLAH thn dpn panjang umur ada rezki ku ushakanki tuk refreshing ksana…..
    M A N I P I………..I’M COMIIIIIING……………..

  4. Walaikum salam Pak dokter, wah nice blog, lgn pengen import blog sy ke WP hehe, Insya allah saya jalan jalan ke manipi, kalau ke sinjai utara, mampirki di bank sulsel sinjai. Sy di lantai 2… Sy pasang URL dokter di blog sy yach.. TQ

  5. Assalam. apa kabar manipi! moga tetap asri dan sejuk, sesejuk para penduduknya. Salam kenal buat dr. Iqbal & terimah kasih atas wordpress yg dibuat, dgn fasilitas ini dapat mensosialisasikan manipi ke dunia maya. saya adalah putra asli manipi-kaluarang yg sedang tugas belajar di yogya.
    oh ya sedikit saran dan masukan buat pelayanan di puskesmas yg bapak pimpin. tolong pelayanannya lebih ditingkatkan dan tidak membeda-bedakan status sosial. bulan kemarin wktu liburan, saya sempat membawa anak istri saya ke puskesmas, namun pelayanannya terasa belum maksimal, saat itu sy ngak mau komplaint. tapi sy sangat berterimah kasih atas pengabdian dr di sana, moga dapat lebih lama lagi membangun manipi.
    thank’s ya dok!
    oh ya tolong titip salam sama ust. didin di kaluarang
    wasssalam

  6. untuk pak HARDI…maksudnya di poli KIA (ibu hamil)? atau sama saya?…Saya minta maaf kalau saya kalau bidan saya saya minta maafkan soalnya bidan puskesmas kami tidak ada, cuman pinjam bidan desa (staf minim…masyarakat tuntut pelayanan maksimal)!!!

    untuk Pak SYAMSU…..oke sy cari nanti kalau ke BPD nanti materainya gratis ces..he..he!!!

    Salam Kembali

  7. assalam. wr. wb. makasih ya atas respon pak dr.! aku ngak permasalahkan kok dok.
    aku ada kasus lain ni dok, kemarin waktu anak aku diare dan dibawa umminya ke puskesmas manipi katanya di beri obat anti diare. pada halBeberapa penelitian menunjukkan, bahwa obat anti diare tidak bermanfaat untuk diare pada anak, bahkan justru dapat menyebabkan munculnya ancaman bahaya baru pada anak. Bahaya yang dapat terjadi akibat pemberian obat anti diare adalah usus yang berhenti bekerja atau mengalami intususepsi, yakni adanya bagian usus yang masuk dan terjepit bagian usus di bawahnya. Intususepsi pada beberapa kasus dapat membaik secara spontan, atau membaik dengan pemeriksaan radiologi yang sekaligus menjadi terapi. Sayangnya, pada sebagian kasus yang lain, intususepsi hanya dapat diterapi dengan operasi. Karenanya, pemberian antidiare saat ini tidak direkomendasikan, baik obat antidiare yang dimaksudkan untuk segera menghentikan diare dengan cara mengurangi gerakan usus atau dengan meningkatkan penyerapan cairan usus.
    Zink merupakan obat yang relatif baru dalam pengobatan diare. Berbagai penelitian menunjukkan, bahwa pemberian zink bermanfaat dalam pengobatan diare karena membantu mempercepat berhentinya diare secara tidak langsung melalui perbaikan kondisi usus. Zink juga perlu diberikan pada anak diare karena selama diare anak juga kehilangan zink bersama dengan hilangnya cairan dan elektrolit akibat keluarnya feses yang berlebihan, padahal telah diketahui sebelumnya, bahwa zink sangat bermanfaat untuk sistem imunitas tubuh dan sangat berperan dalam tumbuh kembang anak. Jadi suplementasi zink sekarang harus diberikan pada anak yang mengalami diare, baik diare karena virus maupun diare bakterial, baik diarenya akut maupun kronik. Berita baiknya, sediaan zink tidak termasuk obat mahal. Zink tersedia dalam sediaan tablet yang mudah hancur jika d imasukkan ke dalam satu sendok air. Umumnya anak berusia satu tahun ke atas akan mendapat zink 20 mg setiap hari selama 10 hari untuk memperbaiki diarenya, mencegah berulangnya diare dalam tiga bulan ke depan dan memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak.Pemberian zink telah direkomendasikan Departemen Kesehatan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan organisasi kesehatan sedunia (WHO).
    maaf ya dok. ini demi kemajuan puskesmas di manipi.
    syukron! wassalam

  8. Kapanki ke Puskesmas Pak???
    Tentang Zink itu betul, sesuai dengan seminar baru-baru ini dgn IDAI di makassar tapi sebagai pelengkap terapi untuk bayi 6 bulan keatas

  9. sy terakhir kepuskesmas bulan ramadhan yg lalu, tapi isteri sy mmbawa anak (bayi) yg sedang diare ke puskesmas bulan november kemarin.
    waktu itu sy sudah di jogja.
    maaf ya dok, sy tidak bermaksud apa-apa, cuman ingin memperbaiki pelayanan di puskesmas.
    sy sangat ingin beincang-bincang langsung dengan dokter. Menurut ust. Didin di kaluarang, dr. banyak koleksi buku-buku agama & senang berdiskusi.
    oh ya sekedar info saya ponakannya bapak Paris (staf camat sinjai barat) di kaluarang.
    thanks ya dok!

  10. Thanks atas perhatiannya terhadap puskesmas, kasus diare ini memang banyak terjadi dibulan 9-12 tiap tahun (slm 4 tahun sy disini) terutama setelah pesta perkawinan dan kualitas air yang terkontaminasi e. coli (sesuai contoh air yang dikirim berkala ke lab air), kyknya ada yang beraki hulu air…he.he bercanda. Kalau diskusi saya senang dan mudah-mudahan kita ketemu lagi, soalnya sy rencara sekolah kembali!. Untuk Pak A. Paris sy sangat dekat dan menghormati beliau yang sangat peduli dengan masyarakat dan layak jadi camat sinjai barat.

  11. wah, aku welcome tuh dok. kpn?
    seadndainya pak dokter online di YM, itu juga bisa jadi penunjang dan efesiensi kunjungan yg sebenarnya ato lewat FACEBOOK bisa dan oke tuh.

  12. Assalamualaikum
    oh ini teh pak Dokter?
    gak ngeh pasa buka blognya πŸ™‚ salam kenal juga ya Pak!
    saya anak SMA diujung tanduk, doakan saja tahun ini sukses jadi mahasiswi :))

  13. menarik sekali pak bahasan tentang diare.. saya kira pak dokter bisa menuliskan satu posting khusus tentang kasus itu di posting tersendiri, bukan di buku tamu, jadi bloger yang datang bisa ikut mendapat informasi itu. saya juga baru dapat tambahan info setelah membaca posting dari pak Hardianto… terima kasih sekali… tau saya, zink itu dulu untuk campuran shampo cewek2 itu biar gak mudah rontok… korban iklan tivi… hehe…

  14. HE..HE SELAMAT DATANG KEMBALI PAK JOJOK….TENTANG DIARE MEMANG SANGAT MENARIK DIBAHAS! ZINK MEMANG BARU DIPERKENALKAN SEBAGAI TERAPI TAMBAHAN UNTUK MEMULIHKAN IMUNITAS DAN FUNGSI VILLUS USUS! PAK BISA MINTA DEMONYA KITA PUNYA SIMPUS???

  15. Pelatihan Food Hygiene dan HACCP, di Jakarta, 13-14 Januari 2009

    Pelatihan food hygiene terutama untuk mencegah terjadinya kasus keracunan makanan. Meskipun keracunan makanan jarang menyebabkan kematian, dampak kerugian ekonomi untuk perusahaan sangat besar.

    Salah satu cara pencegahannya adalah menganalisis titik kritis pada proses pengolahan makanan (HACCP). Beberapa proses pengolahan dibandingkan dengan standar, dan dicari bagaimana penyelesaiannya.

    Pelatihan lebih banyak praktek ketimbang theori. Simulasi dan pemecahan masalah merupakan cara yang sangat effektif dalam pendidikan dewasa.

    Silakan untuk mendaftarkan diri pada Pelatihan ini dengan menghubungi:

    Atik Dwi SUHARTI HP Nomor +6281310520490 Telp +62218882138
    Yayasan Sudjoko Kuswadji di telepon Nomor +62217343651, Fax: +62217358966, email ke yayasan_sudjoko_kuswadji@yahoo.com.

    Atas perhatian Saudara kami ucapkan banyak terima kasih.

    Wasalam,
    Dr Sudjoko KUSWADJI MSc(OM) PKK SpOk

  16. Salam untuk bapak Dr Sudjoko KUSWADJI MSc(OM) PKK SpOk, menarik sekali pak namun kendala jarak….mungkin bapak ada modul bisa didownload??

  17. ntuk dr.Ikbal, salam sukses…
    smoga pengabdian dr. di Manipi berlandaskan keikhlasan karena ini adalah bagian dari tugas kemanusiaan, sy tdk dpt membayangkan jika seandainya ada org sakit yg kondisinya sangat keritis dan membutuhkan pertolongan sementara posisi Manipi dengan rumah sakit umum sangat jauh….
    sktr thn 80an saya sering lwt manipi dari & menuju manimpahoi-mkssar…
    semoga saja daerah manipi mengalami perkembangan yang pesat dalam hampir 20an thn.terakhir…
    sukses selalu pa’ dr, maju terus manipi;
    sementara ini sy berdominsili di Grogol Jkt. wasslm

  18. UNUTK PAK ILYAS……ADA SEDIKIT PERBAIKAN WALAU SUDAH DITERJANG LONGSOR DI SINJAI TENGAH, WALAUPUN JALANAN MANIPI MASIH ASPAL BIASA TETAPI SEKARANG BALAKIA SUDAH TEMBUS KANREAPIA JADI KE MAKASSAR DEKAT!!

  19. Demo Simpus bisa dicoba pak kalau bapak berkenan… email bapak apa ya ? nanti saya kirim langsung ke email bapak saja.. saat ini saya belum berani naruh demo simpus di blog saya karena belum lapor sama anggota team Simpus yang lain hehe…

  20. terima kasih.. o iya.. di demo itu sudah ada contoh data pak, silahkan ganti periode nya dengan tahun 2005, sudah ada semua output termasuk pemetaan dan lain-lain…

  21. Salam knal pak…
    Saya baru ketemu Blog Bapak setelah saya mengacak-acak Blognya Mas Jojok
    Tho Bone ki Pak??

    Maaf Pak… karena Bahasa Bugis saya tidak bagus, jadi tidak berani lanjut…
    Maklum Tho Ogie yg lahir di Rantau….
    Smoga Sukses SIMPUS-nya bersama Mas Jojok
    Beliau Tau betul Kondisi Puskesmas, Jadi tidak salah pilih Beliau….

  22. Saya Lapri yang jalan menuju Soppeng Pak…
    Terakhir kesana Tahun 2006 itu kampungnya Bapak,
    Kalau Ibu di Barru di Mangkoso…
    Anaknya lahir di Kalimantan, jadi tdk tau Bahasa leluhur cuma tau artinya saja πŸ™‚

  23. Salam kenal juga Mas Iqbal.
    Thanks sudah ninggalin jejak di blog saya.
    Btw, foto-foto panorama dan hirup pikuk pasar tradisionalnya eksotis sekali!
    I wish I could live there!
    Rasanya bak hidup di negeri antah berantah yang penuh kedamaian dan jauh dari hingar bingar dan carut-marutnya kehidupan materialistik-hedonistik-kapitalistik di kota-kota besar..

  24. blog yang lucu dan unikk..nice blog!! keep in touch yaa…oya,ni mw berbagi info dikit..
    info buat TS,
    RSUP Dr.Sardjito YOgyakarta mengundang teman sejawat dokter
    umum dan dokter spesialis untuk mengikuti pelatihan USG yang
    diselenggarakan pada 1-3 Mei 2009 bertempat di Gedung diklat RSUP
    Dr.Sardjito Jogja. Akreditasi IDI 12 SKP.dengan rincian 1 hari teori
    dan 2 hari praktek. tiap hari full dari jam 07.00 – 18.00. Untuk info
    lebih lengkapnya, bisa menghubungi
    dr.prima ( o856 254 8044)
    dr.shinta ( 08157900399)

    semoga bermanfaat!!

  25. assalamu’alaikum Dok..

    salam kenal dari saya di Kroya, Kab. Cilacap Jawa Tengah dan sekaligus minta izin untuk ngelink ke website Anda.

    Kami sangat tertarik dengan pembahasan masalah kesehatan yang ada pada website Anda

    Terimakasih Dok

  26. bravo…jarak bukan lg penghalang untuk silaturrahim…salam kenal pak dokter semoga tetap semangat dan terus mencanangkan pelayanan terbaik di puskesmas dan yang terpenting KERAMAHAN dan SENYUM para pegawainya dok….diingetin tiap hari ya dok k seluruh staffnya klo bisa sich jadi menu SARAPAN tiap pagi..he33x

  27. Assalamu Alaikum Wr. Wb
    Apa kabar Sinjai Barat…!! Perkenalkan saya adalah putra asli Sinjai Barat tepatnya Desa Barania namun dari thn 1997 sdh tidak berdomisili lg d sn..
    saya sangat salut sm pak dokter krn meskipun bukan asli sin-bar namun sptx sangat cinta sm Sinjai barat sampai membuta blog yg sangat detil menceritakan segala sesuatu tgn Sinjai barat.. sy sendiri belum bisa memberikan apa2 terhadap kampung halaman saya..
    sekali lg salam kenal semoga sy bisa berjumpa dan berkenalan langsung dengan bapak
    Wassalam

  28. Hallo..teman sejawat, Muh. Iqbal. Salam kenal dari Kendari, Sultra.
    Saya sedang belajar bikin blog pengalaman pelayanan di puskesmas.
    Boleh dong berbagi pengalamannya..sekaligus bisa tukaran linknya ya.
    Terimakasih kerjsamanya

  29. saya hanya ingin menambahkan sedikit info..kebetulan saya belajar bahasa Perancis dan sedang ikut suami tugas di Perancis.
    Kata ‘Deja Vu’ dan ‘Jamais Vu’ berasal dari akar kata yang sama yaitu : Vu ,yang merupakan bentuk lampau dari kata kerja Vouloir,artinya melihat.
    Deja artinya sudah ( Already ) sedangkan Jamais artinya tidak pernah ( Never ).
    Jadi secara bahasa Deja Vu adalah sudah pernah melihat sedangkan Jamais Vu adalah tidak pernah melihat.
    Semoga bermanfaat.

    Visit my Blog : http://Vienmuhadi.com

  30. >tuk teman yang udah berkunjung terima kasih !!
    >tuk Vien….thanks untuk pelajaran bahasa perancisnya, baru tau kalo dari bhs situ biasanya bahasa medis kebanyakan dari latin !!

  31. Ass. lam kenal dok, saya dari sum-sel, tepatnya di OKI, Kpn ya bisa ke sulawesi san…duh jauh kali…..tadinya saya berkunjung krn download soal cpns,,(yg blm bs sy bk krn diminta password)…trus sy melihat 2 nich isi blog ny dokter..ma kasih ya..akhirnya banyak ilmu yg saya dapat, izin juga tadi saya copy-paste WANITA LUAR BIASA…,,,buat jd perenungan saya,,,krn ternyata sy menemukan jwaban dr pertanyaan2 sy slm ini… JAZAKUMUULLAH KHOIRON..
    Wass.

  32. >linda aza….alhamdulillah kl isi blognya bermanfaat…btw download ada soal cpns terlengkap soalnya baru kemaren diupload dan dijamin langsung kebuka….untuk file zip open (jgn diextrak langsung) dulu baru biasanya ada petunjuk setelah diopen

  33. numpang lewat pak dokter, terimah kasih telah mengabdikan diri dikampung halaman saya, to baraniaka pak dokter. cuma saya hidup dikampung orang.kendari.sultra

  34. rasanya untuk bersahabat dengan dokter sulit bagi saya secara offline,walaupun sama-sama lulus cpns di tahun 2005, kampung tempat mengabdi sama tapi instansi yang beda, tapi dengan kutemukannya blog ini, secara online persahabatan coba untuk kujalin.

  35. bagi saya untuk bersahabat dengan dokter secara offline begitu susah.walaupun sama sama bertugas dikampung yang sama hanya saja instansi yang berbeda.tapi dengan kutemukannya blog ini persahabatan secara onnline akan kujalin.Saya punya email,punya blog tapi belum ada postingannya.dan facebook dah ada status.terima kasih dok atas segala pengabdiannya selama ini di KAMPUNGKU

  36. Hallo..SALAM Kenal kembali. Sekadar info ya, Blog puskesmas Manipi ini, sudah dimasukkan lagi dalam lintas puskel di sidebar blog http://www.puskel.com (transformasi baru dari blog puskelinfo sebelumnya) tentang Info Seputar Puskesmas. Silakan dicek dan bisa tukaran linknya.
    Terimakasih kerjasamanya

  37. Assalamu Alaikum Dok, lama tdk ketemu.
    Kebetulan sy ketemu dgn alamatnya di dunia maya, jadi saya sempatkan untuk menulis komentar.
    Saya salut dok, sudah banyak menulis tentang kondisi Manipi. semoga tulisan itu menjadikan Manipi lebih dikenal.

  38. selamat dan sukses untuk kemjuan manipi kec. paling barat dari kab sinjai yang sudah begitu maju kayak kec. di jawa aq jadi kepingin tinggal di manipi lagi biar bisa belanja di pasar arango atau manipi pokoknya sukses buat semua warga manipi.

  39. salam kenal dok,blog ini dah mengobati kerinduan sy dipusk manipi,coz sy penah tgs sbg bidan PTT di kel. balakia thn 1995-1997,gmn kbrnya k’arniati,mar dll ya…?

  40. salam kenal…
    mohon maaf sebelumnya, saya dpt informasi blog ini dari teman utk melihat soal2 test cpns.ternyata sangat bermanfaat sekali buat saya. tp pas sy pindah ke flashdisk sy, koq ga bs di print ya? sy ga ada komputer di rumah,jd utk belajar soal2 tsb mau ga mau hrus di print. mohon bantuannya dok.. . Terimakasih sebelumnya. semoga kebaikan selalu tercurah pada kita semua amin.

    mungkin soal2 cpns yg lengkap tsbt bisa d kirim ke email saya?

  41. Rather good posting. I just stumbled upon the webpage and also wanted to be able to point out in which I have actually enjoyed analyzing the blog page and also content. Anyway I’ll become subscribing the nourish and also My partner and i expect to be able to read the blog page all over again.

  42. salam kenal dok,,
    seperti yang dokter bahas di blog dokter tentang ibu hamil yang terkadang tidak tertangni oleh dokter karena selain tidak ada dokter yang dekat jalan juga sangat minim,lalu menurut dokter bagusnya di sinjai harus bagaimana?apa itu karena sistemnya yang salah apa pemerintahnya?
    tnks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s